O

“Ooo,” gue manggut2 waktu baca buku ttg diet orang bergolongan darah O. Gue nemu buku ini waktu ke Gramedia PIM Kamis kmaren. Kebetulan ada contohnya yang dibuka, jadi gue baca2 sambil nunggu Victor menjatuhkan pilihan pada buku komputernya. Semakin lama, semakin banyak “Ooo” yang keluar dari mulut gue. Maka sebelum gue dibilang orang aneh, gue putuskan untuk membelinya sekalian. Yah, juga karena tentunya gue bergolongan darah O…

Akhirnya setelah melewati weekend yang melelahkan dan terpaksa merumah karena kecapekan, tadi malam gue baca buku itu dari depan sampai belakang. Wah, wah, wah. Gue gak tau ya apakah diet ini disarankan atau tidak, tapi yang pasti membuka cakrawala gue tentang makanan sehat. Makanan sehat di sini khusus untuk gue, karena ternyata selama ini makanan yang dibilang sehat dan gue rasa sehat, ternyata gak sehat buat gue. Nahlo. Coba deh, semua orang bilang susu itu penting dan sehat kan? Ternyata buat orang bergolongan darah O, itu termasuk golongan makanan yang diharamkan alias pantang alias memiliki efek racun buat badan kita. Yak, mari sama2 mengucapkan “Oooooo”.

Jadi, kelemahan orang bergolongan darah O itu antara lain adalah pada usus besar. No wonder gue sering bolak-balik ke kamar mandi kalo ‘salah makan’. Emang sih gue noticed bahwa biasanya gue begitu kalo gue kebanyakan makan santan2, krim2, atau pedes. But hey, I thought everybody has the same problem as I do. Dan ternyata sodara2, emang gue gak boleh tuh makan santan, susu, dan lada. Wakwaw…

Selain kelemahan di usus besar, kami juga bermasalah dengan lambung. Katanya kami memiliki kecenderungan memiliki asam lambung tinggi. Jadi gak perlu ditambah lagi (pemilihan kata yang baik, menurut gue) dengan makan makanan asam seperti jeruk dan cuka. Nurut deh untuk yang satu ini, berhubung gue udah makan asam garam untuk penyakit maag ini…

Yang menarik lagi adalah kecenderungan kami untuk memiliki kelenjar tiroid yang tidak stabil kerjanya. Ini mengakibatkan orang bergolongan darah O gampang terkena infeksi penyakit, mudah lelah, dan cenderung punya masalah dengan berat badan. Sounds like me? Spookily so. Makanya kami sangat disarankan untuk makan banyak ikan laut (hmm… sushi….) karena bisa jadi asupan yodium yang baik. Makanan utama kami bukan karbohidrat, tapi protein. Jadi nggak heran kalo selama ini gue gak doyan nasi ternyata… :p

Di buku itu gue menemukan bahwa sedikit banyak tubuh kita memberitahu makanan2 apa yang boleh dan gak boleh, walaupun kita sendiri mungkin gak sadar. Selain contoh nasi di atas tadi, gue selama ini emang gak doyan babi, kelapa, kacang merah, dan kacang tanah. Ternyata memang makanan ini sedikit dari golongan yang pantang buat gue. Menyenangkan sekali. Tapi, banyak juga lho yang gue pikir aman ternyata nggak. Seperti cereal (ternyata gue gak boleh makan produk gandum atau jagung, termasuk susu yang menemaninya), roti-rotian (kecuali sejenis manna (nyari di mana coba) dan rye bread), keju (yah ini kan dairy product), yoghurt (!), smoked salmon/lox (kalo salmon gak diasap boleh lhooo), cumi2, gurita, bir (!), dsb (baca aja sendiri bukunya, cuma 15ribu kok! Dan ada untuk tiap golongan darah). Guess I have to say goodbye (gradually) to those food I love… Hiks! Tapi gue bertekad untuk hidup sehat niiih! Syukur2 losing weight along the way. Hehehe… (dah turun2 kilo lho btw. Mungkin karena gue sekarang mencoba memilih naik bis kalo mesti latihan nyanyi?)

Akhir kata, seperti gue bilang tadi gue gak tau apakah diet ini direkomendasikan atau tidak, tapi cukup masuk akal dan tidak ada salahnya diikuti karena toh gak melibatkan zat2 kimia berbahaya dan kita gak repot mesti minum pil, suntik, tusuk jarum, dan kawan2nya. Cukup dengan memperhatikan apa yang kita makan (you are what you eat? prolly true in this case). Good luck!

5 thoughts on “O

  1. wihihihih gue juga rada terpengaruh ama buku tentang golongan darah ini La…
    gue B, dan gue betapa senang menemukan emang banyak makanan yang sebenernya gak cocok ama gue, dan emang gue gak suka gituh… hihihihi… tapi ada yang gue sesalkan, huhuhuhu…es krim !!!!!
    matekkk gue suka banget ama itu…. :((

  2. Gue baru aja makan eskrim… Yummm… Mmm… Padahal sebenernya mengandung produk susu ya… *glek* yah itung2 say goodbye deh sama produk susu… Hiks-hiks. Kalo eskrim mungkin masih bisa diganti gelato kali ya? Kan udah banyak tuh yang jual sekarang… Yang gue pusing, kalo gue gak boleh makan roti2an/cereal, kalo pagi gue makan apa ya?? @_@

  3. “Blood Type O: Food, Beverage and Supplement Lists from Eat Right for Your Type” ~ Catherine Whitney, Peter J. D'Adamo (editor)

    Kalo mau lebih lengkapnya baca yang “Eat Right 4 Your Type: The Individualized Diet Solution to Staying Healthy, Living Longer & Achieving Your Ideal Weight” by the same authors.

    Menurut gue jangan diambil buat patokan ngurangin berat badan, tapi untuk makan sehat aja dulu. Losing weight is a bonus. Good luck!

  4. kalo nggak salah buat golongan darah B, produk susu & keju gak masalah… hanya beberapa jenis keju tertentu yang gak bagus buat tubuh, juga es krim itu… huhuhuhuu…..
    ternyata banyak banget ya jenis makanan yang walau satu produk olahan, tapi manfaatnya beda buat tubuh….

Leave a Reply

