Catatan Bumil 2

Karena waktu itu sepupu gue yang dokter sempat menyinggung soal hyperemesis pas gue lagi menimbang2 apa gue perlu ke RS untuk diinfus beberapa hari yang lalu, gue cari di internet dan menemukan alamat ini: www.hyperemesis.org.uk


Salah satu gejala yang jelas adalah mual dan muntah yang berlebihan dibanding sekedar morning sickness, susah makan, penurunan berat badan, dan nggak bisa beraktivitas seperti biasa. Di website itu juga ada beberapa tips menghilangkan mual yang katanya works untuk morning sickness biasa tapi hanya sedikit membantu pada kasus hyperemesis. Dan tips2 itu 80% sama dengan tips2 yang gue terima dari temen2 tapi nggak ngaruh itu… Kalau begitu, apakah gue memang hyperemesis ya?


Susahnya, kata website itu dokter pun sulit untuk bilang apakah seseorang cuma morning sickness biasa atau hyperemesis. Tapi yang pasti gue lega bahwa walaupun kasus ini sedikit, gue gak mengada2… Abis sempet kesel juga sama dokter jaga yang gue temuin di JMC. Dia bilang “Nggak baik kalo masalah psikis dirawat…”. Sialan. Lu pikir gue tipe cewek2 lemah yang kejedut dikit ke RS? Justru karena gue kenal badan gue makanya gue pikir udah keterlaluan dong kalo mual dan muntah sampe bikin lemes dan nggak ngantor… Pas gue bilang gue makannya jadi sedikit, dia malah bilang “Kenapa Ibu makannya sedikit? Jangan ngurangin makan kalau lagi hamil…”. Ih, gila kali ya tu dokter! Jelas2 gue udah bilang gue mual, makan jadi susah… Masa dikira sengaja diet? Jangan mentang2 gue gemuk dong! Gue jadi tambah kesel dan frustrasi ngadepin mual dan muntah gue…


Udah seminggu lebih nih gue gak ngantor. Kmaren nyoba naik bis ke bank deket rumah aja udah keliyengan. Gimana perjalanan dari Mampang ke Tanah Kusir coba? Hari ini jadwalnya gue ke dokter kandungan. Gue kayaknya harus pindah dokter nih, Bintaro kejauhan (dan mahal banget booo!). Mudah2an hari ini udah bisa kedengeran detak jantungnya and I hope my baby’s fine.

5 thoughts on “Catatan Bumil 2

  1. oow… mual dan muntah2 terus ya la? lagi hamil toh.. wah ini kasusnya sama dengan temen gw, dia juga mual dan muntah terus sampe 9 bulan. Parah emang, dan itu ternyata terjadi karena si janin dan organ hamil lainnya menekan lambung hingga terdesak terus dan bikin jadi mual. Kalo baca di bumil 1 lu juga sakit maag lama ya? Temen gw juga soalnya, dan itu yang memparah mualnya. So, gak papa kok.. tabah aja.. temen gw skg udah melahirkan dan baik2 saja, mualnya langsung ilang. Kurangi mlototin monitor atau tv dulu, cahaya terang gampang bikin jadi mual. Makan makanan yg gampang ditelan, sedikit2 gpp, yang penting ada yg masuk. K?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s