Catatan Bumil 8

Kamis lalu kontrol lagi ke dokter. Si Kacang udah 10 cm sekarang (bandingin dengan Average Fetal Length and Weight Chart di sini).
Tapi kata dokter air ketuban gue relatif kurang (keliatan di USG-nya,
si Kacang udah gede tapi tempat tinggalnya kecil). 
Gue harus lebih banyak minum air putih karena katanya air ketuban itu
ganti tiap 36 jam sekali dan karena sistem metabolisme si Kacang udah
jalan (jadi dia minum air ketuban, pipis, minum lagi, dst.) jadi dengan
minum air banyak juga berarti gue membantu metabolisme dia (selain gue
sendiri). Baiklah pak dokter, sepertinya memang dari dulu masalah minum
air ini agak2 sulit untuk dipraktekkan. Eh iya, lambungnya si Kacang
udah keliatan lhooo!

Soal jenis kelamin, dokternya sendiri juga masih “tanda tanya” walaupun
sempat bilang “Perempuan, kali?” Soalnya waktu di-USG posisi bawah si
Kacang agak gak jelas. Pahanya keliatan, tapi di antara pahanya gelap.
Jadi sementara asumsinya si Kacang perempuan. Mungkin di kontrol
berikutnya akan lebih jelas lagi. Btw, kalo menurut Chinese Calendar
sih cowok prediksinya. Hmm, kita liat aja nanti…

Minggu ini gangguan baru datang. Nggak lain dan nggak bukan, musuh
lama: maag. Mulainya sih gue pikir gue agak masuk angin. Lama2
memburuk. Duh, ada2 aja sih. Untungnya sih gue udah biasa ngadepin
maag. Tapi tetep aja tersiksa, tau, kalo lagi perih dan/atau mual. Yang
penting sih berusaha tetep makan supaya si Kacang gak kelaperan.

Perut gue juga udah mulai gendut, walaupun mungkin baru gue yang
ngerasa (belom keliatan2 amat). Jadi kemaren gue beli2 celana dalem
yang lebih longgar (biarin deh kayak oma2). Eh ternyata ada ya celana
dalem khusus orang hamil, tapi tampangnya kok menyeramkan ya? Gue belom
beli sih soalnya gede banget. Mungkin nanti pas udah bulan ke-6. Oya,
gue juga beli celana hamil lagi warna item (abis bawahan udah mulai
terbatas nih), dan sepatu sandal tanpa hak warna putih (murmer, yang
penting gak sandal jepitan ke mana2 dan nggak minjem Puni melulu).

Satu hal lagi yang cukup siginifikan adalah gue sering mimpi aneh2
sekarang. Gue baca sih ternyata emang pengaruh hormon juga (hebat
sekali hormon2 ini). Temanya beda2 tiap hari dan yang satu nggak kalah
absurd dengan yang lain. Tadi pagi gue malah mimpi tentang hantu anak
kecil bule. Halah! Sampe pas Victor mau bangun duluan gue paksa nemenin
dulu saking takutnya (tapi kayaknya gue setengah ngelindur deh).

Yah gitu deh perkembangan si Kacang minggu ke-15/16. Sampai ketemu lagi! 

10 thoughts on “Catatan Bumil 8

  1. Aaaaaah … Senangnyaaaaa …

    Kebayang Si Kacang udah gak kayak kacang lagi sekarang …
    Mungkin lebih mirip kedondong atau mini pau … Hehehehehe …

    Ayo Lala ! Minum banyak !

    Biasa nya kalo lagi di pesawat, aku suka eneg kalo minum air putih …
    Tapi juga takut minum juice atau soda, takut maag dan gas …
    Jadinya aku biasanya minta air es pake satu slice tipis lemon atau jeruk nipis …

    Cobain deh, siapa tau bisa bikin makin semangat minumnya …🙂

  2. Hihihihi… kedondong… lutuna… Ukuran terdekat yang bisa kubayangkan sekarang adalah seukuran boneka mini beaver-nya Puni yang cuma segenggam.

    Iya, aku belom bisa praktekin slice of lemon-mu karena belom beli lemon. Tapi waktu di Bali udah sempet juga sih ngerasain segernya… Kalo gak air es enak gak? Soalnya air es buat maag gak terlalu bagus.

  3. Menyenangkan pas minum aja, tapi efeknya tidaaak. Believe it or not, teh itu sebenernya rada jahat juga sama maag (mungkin khusus teh merah/hitam sih, kalo hijau nggak papa). Dan efek lainnya adalah diuretik alias bikin pipis melulu, jadi malah gak dianjurkan untuk kasus nambahin air ketuban.😦 Terakhir minum teh tarik muntah dengan sukses. Huh.

  4. Aku juga baru tau pas nemenin Victor ke internis. Jadi katanya air dingin itu bikin muscle yang di pencernaan (khususnya lambung) “pingsan”, sehingga yang mestinya gerakannya ke bawah (lanjut ke usus), ini berbalik ke atas. Makanya jadi sering sendawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s