Catatan Bumil 10

Kacang udah 19 minggu umurnya Selasa lalu. Hari Rabu-nya, kita kontrol ke dokter–Kacang, Apacang, and Me.  Gue udah agak anxious sama kunjungan kali ini karena gue perhatiin perut gue kok segitu2 aja, timbangan juga nggak naik2. Sementara bulan lalu kan gue sempet dikasitau dokter bahwa air ketuban kurang, jadi gue harus banyak2 minum air putih. Nah, gue udah menjalankan nasehat dokternya untuk minum air putih banyak2, sampe tiap jam gue mesti bolak-balik ke kamar mandi. Hehehe…

Akhirnya penungguan bulan ini selesai dan terjawab. Waktu USG, air ketuban sudah memadai. Ukuran Kacang sangat normal, bahkan lebih besar beberapa hari dari usianya. Kemarin dia diukur panjang tulang pahanya (lebih panjang dari usia, berarti kemungkinan kakinya panjang kayak gue hehehehe), diameter perutnya (lebih besar sedikit saja dari usia, jadi semoga dia nggak buncit seperti Apacang-nya), dan lingkar kepala (juga lebih besar dari usia, semoga otaknya encerrr ). Rata2nya, Kacang lebih besar 3 hari dari usia, tapi masih bisa dianggap normal, nggak bongsor2 amat dan yang pasti nggak kekecilan. Beratnya sekarang 327 gram. Ya ampun, sebarbel juga nggak nyampe! Hihihi…

Pemandangan menakjubkan deh selama USG. Karena udah cukup besar, sekarang keliatan banget tulang punggung dan tulang rusuk si Kacang udah tumbuh sempurna. Dan pas dokternya lagi asik2 cari posisi USG yang jelas, keliatanlah si Kacang menendang2. Gue sih belom ngerasa banget, tapi gambarnya jelas keliatan. Mungkin dia agak2 protes soalnya kelamaan USG-nya. Hehehe… Dia juga sempet keliatan balik badan. Hihihi… Kayak lagi asik tidur digangguin…. Lewat USG kali ini juga dokternya masih menduga jenis kelamin si Kacang perempuan. Yah, nggak ada yang 100% akurat sih, kita liat aja nanti pas lahir. Soalnya kejadian tuh, temen kantor gue pas hamil dibilang anaknya perempuan, pas lahir cowok tulen. Hehehe… Yang penting sehat dulu aja…

Soal persiapan, kayaknya gue mesti mulai survey rumahsakit untuk ngelahirin. We have to start saving! Yah gini deh nggak enaknya kalo nggak di-cover asuransi. Sebenernya gue mestinya dapet dari kantor Victor, cuma karena gue udah hamil duluan sebelom asuransinya jadi, jadi belom berlaku deh… Dokter gue ini aslinya dokter di Medistra, cuma kayak2nya mahal kali ya ngelahirin di situ. Hehehe… Tapi emang sih paling deket dari rumah. Kedua terdekat adalah MMC. Agak2 jauh tapi masih bisa ditempuh dalam waktu 30 menit: RSB Asih, RSIA Budhi Jaya (tempat gue dirawat pas hyperemesis, tapi gue curiga kok di situ banyakan lahir caesar yah?). Jauhan lagi: YPK (Jakarta Pusat), RS Gandaria, RS Pondok Indah… Mau lebih jauh lagi? Ada Puri Cinere dan RS Internasional Bintaro (paling poll deh jauhnya hehehe). Masih bingung euy, abis semua orang menyarankan ini-itu tapi belom disertai alasan medis dan finansialnya. Ada masukan?

Oya, Gita ngasih gue paket sample produk2 bayi yang dia dapet dari Prenatal waktu dia hamil dulu, tapi belom dipake. Ada kaos kaki (kecil bangeeet!), pacifier bertuliskan I Love Mommy, krim2 bayi, krim untuk nipple soothing pas menyusui, dll. Enak ya di Belanda (dan mungkin negara2 maju lainnya)… Hehehe… Dasar orang Indonesia, nggak tahan ngeliat gretongan.

All in all, emang bener kata orang kalo rasanya punya bayi itu (walaupun masih di dalem sekalipun) nggak ada yang ngalahin deh happy-nya.

3 thoughts on “Catatan Bumil 10

  1. hi La, kalo gue bakalan usul di RSB Asih, alasannya karena harga masih (sedikit) reasonable (kl dibanding Bunda dan Medistra dan sebangsanya), karena homey banget, karena deket gereja lo (apa coba hehe), karena makanannya enak2, karena dokternya jago2, dan perawatnya semua nice and helpful. gituuuuu…pengalaman gue 2 kali sih, jadi terbukti OK🙂 good luck milih2 yaaaa…

Leave a Reply

