Catatan Bumil 15: Tumbang

Hari ini Kacang turns 27 weeks. Dia udah semakin besar, perut gue pun semakin buncit. Gerakan2nya semakin kerasa, entah dia lagi nendang atau apa, yang pasti dia suka sibuk sendiri. Hehehe… Oiya, Kacang punya nickname baru dari Apacang: “Cil Mungil”. Uuuh, kebayang deh si Kacang tersenyum sumringah kalo dipanggil si Apacang. Hehehe…

Minggu lalu gue-nya yang tumbang. Kayaknya sih kecapekan dan stress. Pada suatu pagi yang malamnya gue nggak bisa tidur berjam2, gue bangun dengan efek dunia berputar. Waktu sebelom hamil gue juga cukup sering begini, tapi gue sendiri nggak tau bener kenapa penyebabnya. Apakah karena tekanan darah gue yang relatif rendah sehingga kalo drop dikit langsung pusing, atau kurang darah (anemia)? Yang pasti kali ini edan banget, karena gue sempet ngerasa mau pingsan di kamar mandi… Untungnya masih punya cukup tenaga untuk selesai mandi (mungkin terdorong ketakutan ditemukan dalam keadaan bugil di kamar mandi… hihihi) dan naik ke kamar di lantai atas. Keadaan ini berlangsung setengah harian, dan baru mereda setelah nyokap bawain Hemobion (atas saran Niar, temen kantor gue yang pernah ngalamin juga pas hamil dulu) dan akhirnya gue berhasil tidur (sebelomnya gue nggak berhasil2 tidur karena merem pun muter rasanya). Tapi hari itu gue nggak cuma pusing… Dari jam 3 pagi gue udah mulai mules2 dan sehari itu gue 4 kali BAB. Tenggorokan gue juga sakit… Duh, semua gejala keluar deh hari itu. Top abis! Yang kasian adalah si Kacang kayaknya ikutan gelisah… Biasanya dia punya jam2 tertentu untuk bergerak. Tapi gue amati dia teruuuus aja sibuk hari itu. Mungkin dia nggak nyaman juga ya saat ibunya sakit?

Akhirnya malem itu gue ke dokter umum di RS Gandaria. Tekanan darah gue pada saat diperiksa udah normal walaupun cenderung rendah (mungkin mengingat gue lagi hamil, karena seinget gue biasanya gue emang segini deh): 110/60. Kata dokternya sih memang kemungkinan tadi tekanan darah gue sempet drop. Dicurigai karena gue kurang tidur/istirahat. Jadi yah, selain dikasih obat vertigo (jadi yang selama ini gue bilang ‘pusing muter’ itu vertigo?), gue disuruh banyak istirahat… Get it, doc. Gue bertekad juga mengistirahatkan otak gue yang sering bikin nggak bisa tidur itu… Untungnya besoknya gejala ini udah nggak balik lagi. Multiple BAB juga berkurang frekuensinya… Sakit tenggorokan membaik dengan FG Troche (walaupun hari ini mulai kerasa lagi gara2 tadi malem latihan nyanyi). Tapi kayaknya soal istirahat itu bener banget deh. Setelah beberapa jam beraktivitas (walaupun cuma di depan komputer), gue ngerasa exhausted banget, jadi harus diselingi tidur 1-2 jam.

Anyway, gue akhirnya menemukan Body Pillow di Carrefour ITC Kuningan. Setelah sekitar 1-2 bulan pake both bantal & guling untuk support kemiringan badan waktu tidur dan itupun sekarang udah kurang mempan karena tiap malem gue saking punggung, FINALLY! Itu juga agak2 accidental nemunya. Kebetulan aja liat deretan bantal & guling dan kepikir mau nambah beli bantal/guling… Pas nengok ke atas, lho kok ada Body Pillow? Tinggal dua pula! Langsung beliiii… Dan sekarang tidur gue cukup nyaman dengan bantuannya. Si Kacang juga sepertinya nggak komplain tuh… Hehehe…

Oiya, kalian yang di Jakarta ngerasa kepanasan apa cuma gue aja sih? Gue sehari sampe bisa ganti baju berkali2 saking keringetannya… Tidur aja pas bangun udah basah kuyup. Baru mandi juga udah keringetan lagi. Kesel banget deh rasanya…

Minggu depan Kacang 28 minggu… Which means, I’ll be in my 3rd trimester. 3 more months to go! *doki-doki*

12 thoughts on “Catatan Bumil 15: Tumbang

  1. iya lagi panas edun la, aku juga spent two days di kost pas weekend kemaren, bajunya ampe jibreg. padahal dah pake dua kipas angin plus jendela dan pintu kebuka lebar…

    salam buat calon ponakan…

  2. Waktu aku nemu udah tinggal 2 lho Bee… Trus aku ambil satu… Mudah2an masih ada.
    Btw body pillow-nya udah bersarung, jadi warnanya gak putih. Tapi sayang bahan sarungnya rada panas… Jadi aku nanti mau bikin baru.πŸ™‚

  3. Nah ini dia, masalahnya gue belom pasang AC. Hehehehe… But soon, I hope… Kasian anak gue ntar… Kulit gue aja jadi bermasalah gara2 kepanasan, apalagi bayi ya?
    Wah, tinggal 2 minggu lagi dong due date-nya… Semoga lancar yaaa…πŸ™‚

Leave a Reply

