Rants Rants [Re]Solutions #2

Sebenernya lagi nggak mood nulis, tapi ntar kelamaan basi deh… Jadi mumpung masih early January, ini sambungan seri Rants Rants [Re]Solutions.

Rant #2a
Sejak kerja dan terjebak sama yang judulnya kartu kredit, sampe hari ini gue masih berjuang melepaskan diri dari jerat2nya. Udah lumayan banget sih pencapaian taun lalu… nutup 3 kartu kredit… Sekarang sisa 2 yang aktif dan 1 yang udah 0 balance dan akan segera ditutup.
Kalo menurut orang2 bijak keuangan, sebelum menabung atau berinvestasi pastikan hutang sudah nol. Hmm, rada susah juga diterapinnya… Jadi yang gue terapin sekarang ini sih 2-2nya… Bayar utang iya, nabung juga iya. Cuma kebalik aja caranya… Yang mestinya terima gaji langsung ditabung sepersekian lalu sisanya untuk spending, kalo gue gajinya disunat buat bayar kartu kredit dulu, trus bayar2 pengeluaran rutin yang ada di pos gue seperti bayar PLN, PRT (jika ada), dan handphone, baru deh dikira2 berapa yang bisa gue tabung dan berapa yang bisa gue pake buat “sedikit bersenang” (beli baju, sepatu, tas, CD, DVD, buku, pokoknya yang buat kesenangan pribadi deh).

Yaah, gue tau sih ini gak bener… But hey, we don’t live in an ideal country… *pembenaran*

Anyway, balik ke masalah tabungan, gue dulu mencoba punya beberapa account di bank berbeda. Tapi dasar cewek gak bisa liat kartu ATM nganggur, bobol terus. Lalu pernah juga gue deposito sejumlah besar uang… tapi lagi2 dasar gue tukang belanja, ya abis juga tu duit.

Lalulalu?

Rant #2b
Terus terang gue mulai sebel sama baju2 gue, rambut gue, kulit muka gue mulai ngawur, dll dll. Intinya gue mulai bosen dengan how I present myself.

Soal baju, gue emang tergantung mood. Kadang2 kalo gue niat I can wow people… But most of the time gue MALES ngeluarin terlalu banyak effort untuk look good di mata orang lain. Sering banget tuh kejadian waktu masih ngantor di Tanah Kusir, gue ke kantor cuma pake kaos+jeans+sandal… trus giliran tiba2 pada ngajakin ke PIM gue berasa katro banget sampe akhirnya gak ikut. Atau yang lebih parahnya lagi tiba2 ada ajakan ketemu sama temen setelah ngantor, gue jadi mesti mampir dulu ke PIM (dengan seragam katro) untuk sekedar beli sekaos-dua kaos (kalo beli 2 jadi bisa pake kartu kredit… halah). Sebelom gue punya anak rasanya sih sah2 aja that I look a lot younger than I am… Tapi sekarang kok jadi gak klop aja gitu… Ditambah lagi I like dressing up Freya, jadi gue berasa makin jadi emak2 katro… Hahaha…

Sebenernya sih gue pikir2 lagi gak ada yang salah dengan gaya gue berpakaian, cuma pilihan yang tersedia (baca: sesuai dengan ukuran tubuh dan tebal dompet) sedikit. Gue juga bukan tipe orang yang harus pake baju branded… gue masih tergiur tuh kalo Matahari ngadain Jumbo Sale… atau ngeliat kantong2 plastik adek gue kalo dia pulang dari Senen (dulu juga gue suka beli baju di CiMol, Bandung)… Tapi ya gitu, tau sendiri: ada harga ada rupa (eh ini kebalik gak ya?). Jadi gimana dong?

The Ultimate [Re]Solution for Both
Gue mencanangkan Invest Smartly! 2008. (Ada yang iseng mau bikinin logonya? Hehehe)

Penjelasannya begini:
Memang intinya gue harus segera melunasi hutang2 kartu kredit sebelum fokus ke investasi. Tapi gue pikir dengan menetapkan tujuan investasi serta pemilihan instrumen investasi yang sesuai maka bisa juga kok sejalan.

Fokus investasi keuangan gue untuk tahun ini (dan mungkin sampe 3 taun ke depan) adalah a) punya dana untuk relocate ke Finland (tiket, biaya hidup minimal 3 bulan, dll, dll), b) punya dana pendidikan untuk Freya kalau sampai waktunya dia harus sekolah di Indonesia sementara target a belum tercapai (sekolah di Finland gratis), dan c) punya dana proteksi untuk Freya kalau terjadi apa2 terhadap gue dan/atau Victor sebagai pencari nafkah keluarga.

Untuk proteksi gue udah lakukan dengan mengambil asuransi jiwa beberapa tahun lalu, dan sekarang “disempurnakan” (baca: lebih disesuaikan dengan kondisi keuangan) dengan mengubah jenis asuransi jiwa gue menjadi jenis Yearly Renewable Term alias kontraknya diperbarui tiap taun. Memang sih preminya gak balik, tapi dengan ilustrasi taun ini gue cuma bayar 1.080.000 sementara pertanggungan gue 600juta, you can’t beat that with the ‘classic’ life insurance that they normally sell to you.  Sekarang Victor juga udah ambil jenis yang sama, so in this department we’re relatively safe.

Untuk biaya pendidikan Freya, gue diajarin untuk invest di reksadana saham karena ini untuk jangka panjang… Memang ada risikonya, tapi karena untuk jangka panjang dan nggak diambil2, di atas kertas itungannya return bisa sampe 14% per tahun. Gue udah mulai invest untuk ini, tapi frekuensinya masih parah. I really should make a habit to put aside a sum of money for this purpose every month.

Nah yang paling berat justru nabung yang untuk ke Finland-nya nih… Gue sih rencananya mau invest di reksadana, tapi yang pendapatan tetap. Sebenernya udah punya 2 account tapi masalahnya sama dengan yang di atas. Gak teratur. Padahal, lagi2 kata orang bijak keuangan, kuncinya sukses investasi di reksadana adalah keteraturan. Really really should work on that!

Lanjut ke masalah perbajuan, I decide to invest on durable and timeless basics. Jangan mudah tergiur dengan baju2 yang condong ke satu masa/trend (ini sih rada gampang karena biasanya gue emang gak suka bergaya sama dengan orang banyak).  Rajin2lah mencermati iklan Sale di koran untuk mendapatkan item2 yang dibutuhkan dengan harga murah (karena yang diburu timeless pieces, gak peduli dong kalo itu sale barang2 spring/summer padahal udah masuk fall/winter… pasti deh bisa dikaryakan dengan item2 penunjang yang tepat), toko2 satu-harga (I bought most of my mufflers at Daiso).  Untuk memanipulasi pemirsa sehingga mereka pikir kita gak pake baju itu2 aja, invest on accessories.  What I mean by accessories tuh mulai dari jewelry sampe keluarga ikat pinggang, tas, sepatu, scarf/muffler, leggings/stockings/tights, etc. etc. Tentu saja gak perlu mahal… tapi butuh mata yang ‘mahal’ juga sih untuk bisa ngeliat potensi dari barang2 murah dan cara padu padan yang tepat supaya the overall look gak keliatan murahan.  Bottom line, I also need to set aside a budget for creating this starter wardrobe.

So, what do you think? Not bad kan buat orang yang lagi gak mood nulis, jam 1 pagi pula… Kalo yang nomer dua ini keliatan gak penting buat loe, gak usah protes… Harap maklum deh, soalnya gue penganut Becky Bloomwood: a [former and lame] financial advisor who lives off credit cards (and has such a vivid imagination as to create stories to repel debt collectors)/personal shopper/the wife of a PR mogul/a mother of a fashionable baby.😀

19 thoughts on “Rants Rants [Re]Solutions #2

  1. lebih bagus lagi klo bisa make your own accessories. ga usah yg hebat2 dan perlu jungkir balik nyambung/ngelekukin kawat2, mulai dari kain2 perca aja, plus manik2 dsb🙂 modal ga perlu gede, kunjungilah selalu Toko Maju!!

    btw, it may also help (on the fashion side) that you don't always see one thing's function solely on what it was originally created for. misalnya, ga punya muffler baru? ambil kaos lengan panjang buat dijadiin muffler😉 punya gelang lucu tapi lagi males pake gelang? sambung ujung2nya sama gelang lain biar bisa jadi kalung ato penitiin di celana biar bisa jadi gantungan. satu yg paling doyan gue lakukan, make rok jadi kemben😀 hihihi..it works, everyone would always ask “kok lucu banget sih kembennya..beli di mana??” padahal gue udh sering pake sebelom2nya sbagai rok. (ps: klo lagi jadi kemben, jgn lupa pake iket pinggang biar tetep tampak ramping alias ber-waist-line!)

    yah, intinya, selama ga punya duit, lebarkanlah sayap kreativitasmu!!
    sperti kata neneknya KoboChan, “kreatif karna miskin” –> that's my motto! hahaha!!

  2. Hahahaha… Bener2 berhasil bikin gue ketawa pagi2… :))
    Thanks sis. Dulu sih kayaknya masih ada waktu untuk begini2… Sekarang ganti baju aja kadang2 mesti ngungsi ke kamar sebelah soalnya kalo Freya liat gue ganti baju pasti dia tau gue mau pergi dan mulai merengek. :p

  3. I know ini cuma contoh, but I just want to say that I think only you can pull this off… or people with your body type. :p
    Kayanya kalo gue yang pake bakal jadi baju creambath di salon… Hahahahaha…

  4. emak2 katro (pletak! tamparan di muka) hehehe… gue banget tuh la. penyakit orang yang kerja di/dari rumah.
    solusi gue adalah dengan memiliki baju hitam sebanyak-banyaknya (atau sesedikit-sedikitnya). how boring…

  5. SATU – Coba jual obral barang yang sudah tidak perlu (misalnya buku dan baju jaman SMA/Kuliah). Bukan cuman mengurangi beban, juga bisa belajar “menjual” serta membangun jaringan pembeli.

    DUA – Jangan lupa investasi sama kesehatan. Bukan… bukan beli pil ajaib – tapi cukup invest waktu ajah. Hitungannya bisa menghindari expense hingga jutaan yang nggak perlu. Jalan kaki ajah (total) sejam sehari, beres. Ngggg… lebih baik tidak dilakukan di mall.

    TIGA – Stop jajan atau makan diluar. Asal tau ajah… based on my company's database – restoran menjual barang 300-500% dari modal. Small food preparation skills will help allot (money-wise) before and after going Finland.

    As simple as 1, 2, 3.

  6. ets, tergantung jenis roknya…dan kan udh gue bilang, jgn lupa pake iket pinggang biar tetep kliatan ramping😉
    believe me, di Finland banyakkkkkkkkkk cewe2 yg ukurannya jauh lebih besar dari lo and yet they look good in tube tops/skirts-worn-as-tops😀

    the first step to be satisfied with your look: dare to be different! (kyaknya ini slogan majalah apa ya….hehehe)

  7. Er… yang berbotol2 di rumah punya siapa ya? 0_o;:
    Bener tuh Puni bilang… Gimana mau jalan wong istri dipenjara di rumah sementara suaminya lembur trus pulangnya mampir dulu ke gym. Jadi jalan2 di mall udah lumayan tuh buat awal. Kekekekekekek… :p

  8. believe sih believe, pan gue udah bilang di sini pilihannya yang kurang.
    membayangkan gue yang make, roknya harus ber-ban pinggang supaya ngilangin efek “baju creambath” di bagian atas… nah, rok ber-ban pinggang jarang yang ukurannya segede gue. gitu aja sih sebenernya… kalo mesti bikin ya mending bikin kemben aja sekalian bukan?😀
    well anyway, point taken. thanks.😉
    *masih menyesal gak beli dress yang waktu itu sale di topshop padahal ukurannya perfect fit*

  9. hahahhahahahahahhahaha *membaca perdebatan lala dan victor* wah gimana yah soal investasi kesehatan…iya nih…mendingan kita jalanjalan di monas yuk sambil piknik kalo udah enggak ujan gini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s