Merinding Disko

Dalam kegelapan gue bisa melihat siluet2 mereka memasuki panggung. Keberadaan mereka langsung mengubah hawa di dalam ruangan. Lampu dinyalakan, panggung bergelimang warna emas dan merah… mewah. Tangan terangkat, membuka partitur dengan gerakan seragam. Lalu terlantunlah lagu pertama… yang langsung memukau.

Lagu demi lagu festival berbahasa asing mereka bawakan. Tanpa jeda berarti kecuali saat mereka melakukan perubahan formasi yang berlangsung sangat rapi dan hanya dalam hitungan detik. Begitu pandai mereka menjaga mood kami para penonton hingga di akhir bagian pertama gue dan temen sebelah gue sama2 mengaku kami ingin menangis mendengar harmonisasi mereka yang sempurna untuk ukuran manusia itu.

Kami tidak ke mana2 saat rehat, tidak mau kehilangan posisi wuenak kami 3 baris dari depan yang hanya seharga 50ribu saja. Saat bagian kedua dimulai nggak sabar gue menunggu keajaiban apa lagi yang akan mereka suguhkan untuk kami.

Merinding, merinding, merinding… Lagu2 daerah negeri sendiri yang jarang terdengar begitu apik diaransemen dan dibawakan. Partitur ditinggal di belakang panggung, kostum berganti pink dan hijau elektrik… transformasi dari “sekadar” penyanyi menjadi “all-round performers”. Gerakan2 yang begitu tertata tidak membuat konsentrasi mereka dalam menyanyi jadi surut atau terpecah. Sampai2 gue curiga jangan2 mereka ini spesies lain, bukan manusia (mengingat betapa sulitnya mengajak anak2 C-Choir untuk sedikit bergerak saat bernyanyi hehehe).

Hingga lagu terakhir dalam program dikumandangkan, gue pikir gue sudah memasuki trance. Mengerikan efek mereka, memang. Dan ketika kami bertepuk tangan tak henti2 mereka menghujani kami dengan satu lagi lagu lengkap dengan tari saman oleh para cowok (sambil tetap nyanyi tentunya!). There. I thought I’ve died and gone to heaven.

Nggak heran Paduan Suara ini begitu ternama, begitu disegani. Kebesaran nama itu senantiasa dibuktikan dengan kualitas dan komitmen mereka dalam berkarya. That’s what I learned from yesterday’s concert: Choral Highlights by Paduan Suara Unpar… yang membuat gue cukup menyesal kenapa dulu gue gak kuliah di sana supaya bisa “dibentuk” menjadi spesies super ini.

18 thoughts on “Merinding Disko

  1. wahhh…wish i could see it too!! sounds really extraordinary!
    ayo C-Choir, kalian pasti bisa sperti itu juga..mulai dari harmonisasi yg lebih baik baru deh lanjut ke gerakan serempak😉

  2. wouwww wouwww….. mereka memukau sekali……
    I wish I'm there to enjoy it too
    I'm so glad you saw it La…..

    setuju Puni……….. C-Choir pasti bisa seperti itu juga…….

    Ayooooo Maju Terus…….
    ciaaa yoo

  3. kereenn banget pastinya!!! waktu bagian lagu2 latin (atau itali? bahasa apa sih tuh?hehe) gw mendengarkan dgn menutup mata dan gilaaa!! gw serasa berada di katedral notre-dame yg megah dgn iringan suara choir-nya yg keren dan bikin merinding..

    TOP BGT dah!!

  4. itulah cun, yg prnah gw mentioned di taxi: daya gugah & daya ganggu! dikau & Lala sudah ngalamin diterjang kedua daya ini kan… dan kami2 yang baca tergoda untuk harus nonton pada performance mereka berikutnya hehehe.

  5. makanya nggak salah khan kalo gue ama jojo jadi banci nonton paduan suara…dan next project melihat langsung ke Bandung…apa tuch la namanya? pertandingan para PS di ITB..waw…..gue sarankan kita sering2 nonton beginian supaya kita termotivasi… untuk lebih baik lagi… dan khusus untuk Jojo..jangan kebanyakan minum selama acara…jadi menggangu standing ovulation gue….hahahahahahahaha (ehmm..salah lagi ya nulisnya?)

  6. ih pembelot =P

    tapi gw juga masih terkenang2 sih sama lagu mereka waktu tampil di festival paduan suara nya ITB 1998 dulu, dan membawakan aneka ragam suara… binatang!… old mac donald kalo gak salah lagunya… amazing

  7. Ohhhhhh, aku berkaca-kaca pada waktu mereka nyanyi lagu2 itali itu, padahal gw nggak ngerti artinya apa, tapi didada gw rasanya ada ucapan syukur yang dalam dan haru…..touchy abizzzz….mereka udah di level penggabungan antara teknik dan rasa…

Leave a Reply

