Googly, Googly, Go Away!

Sedih dan panik… Beberapa hari yang lalu waktu gantiin popok Freya nemuin semacem bentol kayak bisul di pantatnya… Gue pikir akibat sedang pake popok merek lain, makanya sudah beberapa hari itu dia suka keliatan gatal di bagian popoknya. 2 hari lalu gue perhatikan bisul itu sudah berubah bentuk jadi sebuah “scratch” memanjang ke samping. Tapi karena gue udah ganti popok ke merek yang seperti biasanya, gue udah rada tenangan. Ternyata kmaren malem pas gue gantiin popok Freya lagi, gue liat “scratch” memanjang itu sudah berubah bentuk lagi membentuk beberapa lingkaran yang jalurnya kelihatan seperti alur sungai di dalam peta.

OMG! Gue merinding seketika. Jenis merinding sampai kuping yang biasanya terjadi kalo gue berhadapan dengan semut and other bugs dalam jumlah banyak (mungkin gue memang agak fobia dengan tampilan mereka). It really looked like some microorganism is making that tunnel-like movement. Langsung telpon Victor yang masih di kantor bahwa Freya perlu ke dokter.

Biasanya untuk hal2 terkait penyakit, Freya ke RS “M” yang deket dari rumah. Tapi karena tadi malam, 19.30-an, dokter anak di RS “M” sudah tidak ada, maka kita akhirnya membawa Freya ke RS tempat gue melahirkan yang dokternya masih praktek. Memang bukan dokter yang biasa imunisasi Freya, tapi sudahlah, namanya juga emergency.

Setelah akhirnya sampai giliran Freya, dokternya malah menyatakan bahwa dia belum pernah lihat kasus seperti itu. OMG (again). Dalam hati gue panik setengah mati. Akhirnya di-treat seperti kasus dermatitis biasa, sehingga dikasih obat oles plus obat minum anti alergi (karena Freya memang punya riwayat alergi sama susu sapi dulunya, dan kulitnya ekstra sensitif, sering muncul bentol2 kalo salah makan dikit).

Sampai di rumah, karena obat oles yang diresepkan itu rada susah dicari, sementara Victor pergi nyari obat itu gue penasaran sama kasusnya Freya. Dari meng-google nama obatnya, liat indikasi untuk kondisi kulit apa saja trus gue cocokin kok gambarnya gak ada yang cocok dengan kondisi Freya, maka akhirnya gue masukkan keyword seperti “skin” “worm” dan “kulit” “seperti cacing”.

Dari “skin” “worm” gue malah nemu ringworm, kondisi kulit yang juga gue temukan di Freya pada bagian kaki. Ternyata itu akibat fungi yang disebarkan melalui hewan peliharaan seperti kucing.

Dari “kulit” “seperti cacing”, BINGO! Gue menemukan artikel ini (dengan gambar yang persis dengan yang dialami Freya, hanya beda lokasi). Lagi2, OMG! Karena ternyata Freya kemasukan larva cacing. Dan larva cacing ini menyebar juga melalui hewan peliharaan seperti anjing dan kucing!

Kami memang tidak memelihara anjing atau kucing, tapi karena rumah ini cukup terbuka maka memang sering ada kucing liar/tanpa pemilik yang keluar masuk. Ditambah kebiasaan Freya main tanpa pakai sandal, rupanya larva2 cacing ini bisa tembus melalui pori2 kaki.

Duh, lemes deh rasanya. Pingin memaki diri sendiri. Bisa2nya Freya begini sementara gue di rumah. Pantesan aja udah beberapa malam dia kalo tidur gelisah banget. Mau kesel sama dokter yang meriksa Freya juga karena nggak mengenali gejala yang ternyata bisa di-browse di internet, walaupun dia juga manusia, padahal kita udah ngeluarin waktu nunggu dan uang yang gak sedikit untuk berobat kemarin.

And now what? I know I’m not supposed to play doctor but gue kmaren langsung beli obat cacing bebas dosis sekali minum (yang aman untuk anak2 tentunya), dan meminumkannya ke Freya karena siapa tau selama ini sudah ada larva yang menetas jadi cacing dewasa dalam tubuhnya. Tapi malam ini gue perhatikan tidur Freya juga masih gelisah karena gatal.

Should I take her to another doctor? And should I print out that article and show it to the doctor?

Gah! And I’m supposed to sing tonight!
Pusing…

20 thoughts on “Googly, Googly, Go Away!

  1. OMG…. that's so scary la…

    Btw, kemaren kakak gw mengalami iritasi mata yg langka dan muncul sesekali doang (selaputnya terkelupas atau apa gitu). Pas dibawa ke dokter A, ternyata si dokter jg gak yakin penyebabnya apa. Cuma dikasih salep dan tetes mata doang. Eh, ternyata gak ngefek.

    Trus kakak gw browsing sendiri di internet. Dia akhirnya menemukan nama suatu penyakit yg gejalanya sama ama yg dia alami. Dia akhirnya kembali ke dokter A itu dengan membawa printout referensi ttg penyakit itu dari internet. Dari situ si dokter jadi mulai ngerti dan kakak gw sekarang matanya udah mendingan. Malah si dokter berterima kasih sama kakak gw dan berniat memasukkan referensi dr kakak gw itu ke blog medisnya dia.

    Kejadiannya baru seminggu terakhir ini kokπŸ™‚

    So, saran gw… bring the print out.

  2. Dokter kulit bisa menangani anak2 gak ya? Dan apakah masalah larva cacing itu masih bisa ditangani dokter kulit?:-/ Ah, membingungkan! Kayanya ke dokter anak dulu lagi deh…😦

    Thanks, Thes…

  3. Lala, mendingan ke dokter kulit ajah.
    Ke Dr. Maria di RS MMC, dia praktik hari senin, rabu, kamis, jumat. Tapi mesti daftar jauh2 hari karena dia itu laris banget saking bagus nya. Gw sering liat anak2 dibawa ke situ juga kok.

    Daripada mengira2 gak jelas dan diobati dengan diagnosa yg salah, karena Freya kan memang kulit nya extra sensitif.

    Hope this helps!

  4. bawa aja print out itu La ke dokter…
    dokter juga manusia kadang gatau apa-apa…
    bukannya men-judge yaaaaa gue juga sering nemu kaya gitu kog kasusnya…
    lha daripada dokternya sok tau kita juga yang rugi kan???
    percaya ama dokter boleh aja, tapi harus pake logika juga toh?
    badan yg diperiksa dokter kan badan kita dan anak kita…
    kalo ada apa2 yang rugi tetep kita..

    good luck ntar malem ya Laaaaaaaaaaaaa!!!!
    gue mao nontooonnnnn
    *tium2 ke Freya*

  5. yakk, setujuu sama yg lain2…bring the print out, trus:
    telpon RS yg terpercaya, jelasin situasinya (sejelas2nya, bahwa lo curiga ini adalah cacing/something alive) & umur Freya, and ask them to give you a reference, mendingan book dokter apa.

    ps: coba tanya kenalan yg emg dokter juga, mungkin bisa membantu kasih masukan? i.e. mbak Niesye, Aya, dr. Evie..though they're maybe not the right doctors for that illness, but still mereka pernah melalui pendidikan dokter umum juga kanπŸ˜‰

    all the best for Freya & your performance tonight!

  6. wadaah.. mika juga begitu kelakuannya.. anak kampung abis.. yah, lillahi ta'alaa aja.. pokoknya semua prevention kita jalanin, sementara nggak ngelepas si anak utk explore apapun di alam ini semaksimal mungkin.. semoga ga kenapa2.. amiin..
    hejer cepetan tuh, la..! cari dokter yg emang spesialisasinya.. lalu hajar cepetan tu penyakit..! hiiy.. merinding juga liat foto di site yg lu link disini..

  7. Tenang La…..tenang……… Jangan panik! Obat cacing yang diminum biasanya membutuhkan waktu dalam proses kerjanya, tergantung sikon si anak yang memakannya. Ada yang 3 hari baru ada efeknya ada yang seminggu baru ada efeknya. Dan obat cacing harus diminum diulang 3 bulan kemudian (bagi yang cacingan, bagi yg cuma untuk preventif cukup setahun sekali).

    Sabar dan tenang ya La…… jangan kau hakimi dirimu dengan keras. Berandai2 juga tidak menyelesaikan masalah. Jadi, tenang aja….. berikan kenyamanan maksimal bagi Freya sementara orang tua mencari solusi untuk masalahnya. Kalau seorang anak jadi cacingan, walaupun ibunya sudah menjaganya dengan betul, itu namanya kecelakaan. Bukan salah siapa2 koq. Namanya juga anak2. Lagipula, apakah Freya cacingan atau bukan khan kita belum tahu juga, tul ngak?

    Untuk masalah medis, memang ada baiknya di bawa ke dokter anak aja sekalian ambil print out artikel yang kamu dapat. Dokter anak biasanya sudah berpengalaman dengan penyakit2 anak kecil jadi semoga setelah sang dokter anakmu melihat kondisi Freya ditambah print-outmu, dia bisa kasih diagnosanya dengan tepat.

    Oh ya….walaupun penyakit Freya belum ketahuan, Mamih doakan semoga Freya cepat sembuh ya…..

  8. Lala, kata adik g kalau untuk masalah percacingan bawa ke specialist internis ajah..
    Jadi bring the print out dan langsung bawa ke internis, karena dokter anak juga belum tentu tahu untuk masalah penyakit dalam.
    Kalau dari internis punya rekomendasi lain, baru kita jalanin sesuai dengan rekomendasinya.
    Coba ke Internis di RS MMC, di sana ada prof. cuma adek g gk tahu prakteknya kapan, kalau gk salah namanya Prof. Melwan (he's the only prof. there).
    Semoga Freya cepat sembuh yah La…

  9. kata mamiku dulu waktu aku masih kecil suka cacingan…diolesin minyak tanah La…untuk mematikan mereka baru bwa ke dokter..paling nggak mereka mati..DIE..DIE..YOU WORM..sometimes..obat tradisional manjur lho

  10. Kesian Freya.. ke dokter lain mau La?

    Kalo Winnie & Louis punya 3 dokter..

    1. Dr. Hansa Wulur
    Jln. Mangga Besar Raya

    note: Diumur beliau yang ke 80, masih praktek & nyetir mobil sendiri.. hehehe
    Dr. Hansa Wulur itu kebetulan dokter gw pas masih kecil.. Kebayang dong seniornya
    Kalo praktek ampe jam 1 pagi :-d.. Kadang jam 1/2 2, saking banyanya itu pasien2..
    Meriksanya lamaaa.. Teliti.. Trus ntar dikasih kertas yang udah digambar ama beliau, gimana cara minum obatnya
    Pendaftaran buka jam 4, mulai praktek jam 7 malam

    Jago bener.. Cuman kalo Dr. Hansa Wulur lagi ngomong, lu harus nyimak bae2..
    Kalo meriksa anak, anak kita diajak maen dulu, jadinya mereka ga takut.

    2. Dr. Edi Widodo
    Roxy

    Dokter masa kini, praktis. Ga ribet..
    Kebetulan Winnie & Louis cocok ama Dr. Edi..

    Dr. Andre Tangkilisan
    praktek di RS. PIK – RS. Pluit – RS. Family
    Ampun dah antrinya ni dokter…
    Tapi diagnosa yang beliau berikan selalu cepat & tepat [ at least itu yang gw alami ama Winnie & Louis ]

    Diantara para dokter yang gw disebut diatas, yang paling muda umurnya sepertinya Dr. Andre deh

    Kooperatif dan informatif.. Terbuka dengan diskusi.. Tapi jangan ngajak diskusi di hari praktek Senin
    Alamat ga bisa.. kalo mo daftar kudu sehari sebelumnya..

    La, gw selalu menghindari antibiotik berlebihan yang biasanya tuw di pake ama banyak dokter anak

    Jadi dokter2 yang gw pilih itu, adalah dokter yang [ syukurlah… ], tidak memberikan obat antibiotik secara berlebihan

    Dan bisa dikombinasikan dengan obat generik.. Misalnya kalo panas mereka menyarankan Proris Forte aja..
    Kecuali kalau memang diperlukan, mereka baru bikin resep..

    Apalagi Dr. Edi Widodo.. Ala western kalo dia mah..
    Winnie susah makan, minta vitamin. Dikasih kan ama dia..
    Trus masih susah.. Sama Dr. Edi dikasih ide.. : Biarin aja dulu bu, ntar juga laper Winnie.. Gpp seharian ga makan, biarin aja.. Wong ga bakalan kenapa2, paling lemes aja.. Daripada ganti vitamin melulu, kesian lambung anak bu..

    hehehe…

    Semisal lu berminat, ntar gw kasih no. telpon mereka..

  11. Dear All,

    Thank you atas concern dan segala usulnya yaa…
    Tadi akhirnya Freya gue bawa ke dokter kulit di RS Medistra, dan sebelum gue kasih liat artikelnya ternyata dokternya sudah berpikir hal yang sama. Jadi ketika gue sodori artikelnya, beliau mengiyakan. Tadi sudah di-treat di tempat plus dikasih obat minum. Senin depan kontrol lagi. Doain aja Freya cepat sembuh yaa… biar tidurnya tenang lagi kalo malem2 (dan gue gak ditendang2 terus gara2 dia kegatelan hehehe).πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s