Wakey Wakey!

Breakfast is my favorite meal in a day. Mainly, mungkin karena nggak harus makan nasi. Hehehe… Walaupun belakangan ini gue hampir selalu hanya sarapan roti dengan selai, kalau lagi bosan kadang2 selainya diganti telor ceplok (matang) supaya lebih berenergi (sugesti aja sih, gue gak tau kandungan gizinya).

Dulu waktu masih kecil, alias menu sarapannya ditentukan nyokap, yang gue inget adalah makan 2 lembar roti dengan selai/muisjes/gula merah + telur rebus setengah matang dengan garam dan merica + susu dancow (jaman dulu walaupun udah diaduk tetep masih ada butiran2 yang gak larut dan gue sebut ‘ilah’ –> don’t ask, i don’t know where that came from either). Hanya ada 2 kejadian yang gue inget sehubungan dengan sarapan ini. Pertama, gue mau sok makan cepat. Jadi waktu masih ngunyah potongan roti muisjes terakhir di mulut, gue mulai makan telor setengah matang. Hasil? Yuck! Jangan coba2! Kedua, pernah suatu saat gue mogok minum susu dan membuat nyokap frustrasi. Akhirnya susu nggak diminum, tapi buat keramas alias disiram ke kepala gue. Nggak inget sih, akhirnya gue kapok atau nggak ya?

Kalau gue lagi liburan di Bandung, di rumah nenek gue (dulu, sekarang udah di Jakarta), sarapan favorit gue adalah roti tawar + mentega (yang disebut oma dengan “mertega”) + sosis ayam Badranaya (sosis produksi Bandung). Sarapan hangat di tempat dingin, nikmaaat…

Sekali2 waktu jaman kuliah–waktu itu belom krismon–pas udah keburu pagi2 ke kampus ternyata gak ada kuliah pagi, kita beramai2 ke Wendy’s di Jl. Dago. Soalnya di situ ada menu breakfast-nya. Ada pancake + maple syrup atau hash brown + scrambled egg dengan minum teh hangat. Dengan harga murah (waktu itu) serasa sarapan di hotel. Hahahaha…

Speaking of hotels, I can’t resist their breakfast buffet! Bermacam2 roti + butter + jam… sosis2 hangat mengilat… omelette dengan jamur, keju, dan paprika… yogurt dengan potongan2 buah di dalamnya… Hmm, kayanya gue lagi ngomongin breakfast di Holiday Inn Bandung nih… Hahaha… Gara2 dulu ada temen gue yang suka punya voucher di hotel ini dan memakainya untuk mengunjungi gue di Bandung (tentunya gue ikutan nginep juga, padahal letak hotelnya persis di balik jalan kost gue), lama2 kok hafal sama breakfastnya. Di Novotel Bogor juga breakfast (and lunch and dinner) buffetnya heavenly (waktu gue nginep di sana sih, udah lama banget). Adek gue aja yang baru sembuh typhus langsung naik lagi timbangannya hasil makan di sana 3 hari 2 malam.

Walapun gue gak terlalu suka makan nasi pagi2, tapi kalo kita tinggal di Indonesia ya mau gak mau ada juga sarapan dengan nasi. Yang paling populer adalah nasi goreng. Tapi gue rada kapok makan nasi goreng pagi2. Waktu itu ceritanya gue lagi liburan di Pulau Tongkeng (salah satu pulau pribadi–bukan punya gue–di Kepulauan Seribu), rame2 sama bo-nyok dan teman2nya dan anak2 mereka. Kira2 begitu… Nah, standardnya sarapan adalah nasi goreng. Berhubung gue maag, ternyata minyak nasi goreng membuat perut gue bergejolak. Dan beberapa menit kemudian pun gue muntah nasi goreng. Euuuh…

Mungkin menu paling dekat dengan nasi yang masih gue makan untuk sarapan adalah bubur ayam (walaupun sekarang susah ya cari bubur ayam pagi2 di sekitar rumah gue… masa lari pagi ke Senayan dulu?) dan nasi uduk. Kadang2 kalo lupa beli roti dan sedang dalam kelaparan yang amat sangat, itulah menu sarapan gue belakangan ini… mmm, kadang2 indomie telor pake keju juga deng, kalo lagi desperado.

Tapi elemen favorit gue dari sarapan adalah roti! Sayangnya di sini yang disebut roti biasanya terbatas pada roti tawar putih biasa… sementara gue hobi makan roti2 lainnya: whole wheat, wholemeal, bagel, corn bread, dll, dst, walaupun cuma sesekali karena mahal jadinya. Ada merk roti favorit gue sekarang ini, yaitu Lees. Belinya di Foodhall. Duh, roti tawar putihnya aja wuenak tenan… kerasa banget susu dan telurnya. Kalau lagi berkesempatan belanja ke Foodhall gue gak pernah melewatkan rak roti mereka dengan tangan hampa deh pokoknya. Hehehehe…

Nah, sekarang sudah hampir jam 9. Gue belom sarapan. Ngomongin makanan dari tadi bikin laper. Jadi baiklah gue sarapan dulu supaya tulisan nggak semakin ngalor ngidul (ketauan banget gak pake kerangka karangan hahahaha). Hayo tebak, pagi ini gue sarapan apa?

14 thoughts on “Wakey Wakey!

  1. helllllllllowwwwwwwwwwwwwwww madam carbo…ternyata kita sama….kalo udah liat produk gandum…pasti langsung ngiler..kalo gue sech tidak terbatas roti..tapi liat jajanan pasar yang terbuat dari beras or gandum..juga ngiler..heheehehehe..hidup karbo! gue baca artikel, karbo itu bagus buat otak biar lebih kreatif dan bikin mood happy…halah! pembenaran diri..tapi emang kebaca kog..di bagian perut..hahahahaha

  2. atau bersama2 me-recite rhymes yang mereka pelajari di tumble tots… halah… ngeri ngebayanginnya… :p

    btw ron, ada rekomendasi breakfast yang enak gak di mana gitu kek? *kayanya gue memperlakukan loe sebagai direktori makanan berjalan ya lama2… hahaha*

  3. hihihihi iya ya la gue juga ternyata gembira banegt kalo ketemu menu sarapan. padahal waktu kecil enggak suka banget yg namanya sarapan. karena takut sakit perut di jalan menuju sekolah. breakfast club yuk kapan kapan…

  4. atau makan siang/malem dengan menu breakfast?
    HMMMMMMMMMMM………….
    iya laaaaaaa kangen kalian semua!
    jadwal akhir pekan agak kacau, putra aja 2 hari kmaren menghabiskan akhir pekan sendirian. kita ketemu ya segera!

  5. favorit gw dari kecil sampe sekarang emang roti, pake mesis dong.. dan mentega nya kudu blue band.. even sampe di bahrain, gw stick sama blue band bow.. cuma roti aja yang agak ribet nyarinya disini.. soalnya gw suka sama roti tawar kampung yang lembut banget.. duuuh.. jd pengen pulang nih !!!😉

    ps. lebih sedap lagi pake teh manis.. asik!!

Leave a Reply

